Aspek Hukum dalam Ekonomi

Hukum ekonomi adalah suatu hubungan sebab akibat atau pertalian peristiwa ekonomi yang saling berhubungan satu dengan yang lain dalam kehidupan ekonomi sehari-hari dalam masyarakat.

Hukum ekonomi dapat dibedakan menjadi 2 yaitu :

  1. Hukum ekonomi pembangunan, adalah yang meliputi pengaturan dan pemikiran hukum mengenai cara-cara peningkatan dan pengembangan kehidupan ekonomi Indonesia secara Nasional.
  2. Hukum Ekonomi social, adlah yang menyangkut pengaturan pemikiran hukum mengenai cara-cara pembangian hasil pembangunan ekonomi nasional secara adil dan martabat kemanusiaan (hak asasi manusia) manusia Indonesia.

Contoh kasus ekonomi :

Kenaikan BBM. 

Bahan bakar minyak adalah komoditas publik berpengaruh. Publik terperangah ketika harga BBM melinjak naik (300 persen). Laju inflasi tak kuasa dibendung. Harga kmoditi lain merangkak naik. Biaya hidup masyarakat kian membengkak. Para pengamat ekonomi makro, seperti Kwik Kian Gie mencam kenaikan ini. Inkosntitusional dan tidak masuk akal. Rizal ramli juga berargumen senada. Patokan harga minyak Indonesia terlalu Washington Consesus. Namun, konsumsi BBM tidak menurun darastis. Jelas saja karena BBM konsumsi primer.

Analisis   :

Tapi langkah menaikan harga bahan bakar minyak sedemikian tinggi tersebut masuk ke dalam ranah kasus hukum ekonomi. Ketidak percayaan memang telah terlanjut tertancap. Tapi mengingat BBM merupakan produk primer dan tidak ada pesaing dipasar yang sama yang menjual produk yang sama, ketidak percayaan itu tidak secara signifikan menghukum perusahaan. Antrian BBM tetap panjang sekalipun harganya sudah tidak masuk akal.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s